Profil UPT PK2M

Profil UPT PK2M

Selayang Pandang

Dunia telah memasuki era globalisasi dalam segala aspek kehidupan, tidak terkecuali Pendidikan Tinggi.  Pendidikan tinggi sudah menjadi ujung tombak bagi inovasi dan pengembangan insan yang kreatif, inovatif, dan responsif.  Lulusan Perguruan Tinggi mempunyai pola pikir (mindset) sebagai pencipta lapangan pekerjaan (job creator) dan pencari kerja (job seeker).

Pendirian unit ini dimaksudkan sebagai upaya untuk menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan dan meningkatkan aktivitas kewirausahaan (entrepreneurial activity) untuk para lulusan Perguruan Tinggi yang lebih menjadi pencipta lapangan kerja dan upaya memetakan peran Perguruan Tinggi guna menjalankan fungsi bursa kerja secara melembaga untuk para mahasiswa alumni lulusan Perguruan Tinggi sebagai pencari kerja.

UPT. PK2M terdiri dari dua kelompok kerja (Pokja).  Pokja Pengembangan Kewirausahaan berfungsi memfasilitasi pencipta lapangan pekerjaan khususnya mahasiswa dengan kebijakan dan program penguatan kelembagaan yang mendorong peningkatan aktivitas berwirausaha dan percepatan pertumbuhan wirausaha-wirausaha baru dengan berbasis IPTEKS melalui Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), Pembinaan/Inkubasi UKM (Inbis), Seminar dan Pelatihan, serta Cooperative Education (Co-op) yang telah banyak menghasilkan mahasiswa dan alumni yang terbukti lebih kompetitif di dunia kerja dan hasil karya inovasi mahasiswa melalui startup potensial untuk ditindaklanjuti secara komersial menjadi sebuah embrio bisnis berbasis ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS). Pokja Pusat Karir berfungsi memfasilitasi pencari kerja, khususnya alumni UHO untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bakat, minat dan keterampilannya. Disisi lain melakukan fungsi mempertemukan mahasiswa dan alumni sebagai pencari kerja dengan pengguna kerja (user).  Untuk meningkatkan kepedulian terhadap kualitas mahasiswa dan alumninya, maka pengembangan kegiatan pemberdayaan alumni lulusan, dan juga memfasilitasi pengembangan karir alumni dan mahasiswa melalui pengelolaan terpadu dapat membantu badan usaha atau badan pemerintah pengguna tenaga kerja untuk menyediakan dan mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas, terampil dan profesional sesuai dengan kebutuhan badan atau lembaga tersebut.  Diharapkan juga berfungsi  melaksanakan rekrutmen tenaga kerja melalui bursa kerja, mengurangi angka pengangguran melalui peningkatan penempatan kerja serta melaksanakan “Tracer Study”.

UPT Pengembangan Kewirausahaan dan Karir Mahasiswa merupakan unit pelaksana teknis di bidang pelaksanaan program pengembangan kewirausahaan dan karir di lingkungan UHO.  UPT Pengembangan Kewirausahaan dan Karir Mahasiswa mempunyai tugas melaksanakan urusan pengembangan kewirausahaan dan karir di lingkungan UHO.  Dalam melaksanakan tugas, UPT Pengembangan Kewirausahaan dan Karir Mahasiswa menyelenggarakan fungsi: a) Penyusunan rencana, program, dan anggaran UPT; b) Pelaksanaan pengembangan kewirausahaan dan karir; c) Pelaksanaan administrasi kegiatan pengembangan kewirausahaan dan karir; dan d) Pelaksanaan urusan tata usaha UPT.

Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Kewirausahaan dan Karir Mahasiswa Universitas Halu Oleo (UPT. PK2M UHO) yang sebelumnya bernama UPT. P2KPN UHO (Unit Pelaksana Teknis Pusat Pengembangan Kewirausahaan dan Produktivitas Nasional Universitas Halu Oleo) yang pada awalnya bernama UPT. P2KPN dan Pemeliharaan Aset dilantik oleh Rektor UHO dengan Surat Keputusan Rektor Nomor 097c/H29/KP/2010 UHO pada tanggal 16 Juni 2010.  Selanjutnya tahun 2015, UPT. PK2M berubah nama menjadi UPT. PK2M UHO.  Tahun 2016 UPT. PK2M UHO dipisahkan menjadi Pusat Pengembangan Kewirusahaan dan Pusat Karir sesuai SK Rektor Nomor: 748/UN29/SK/KP/2016.  Pada tanggal 1 Agustus 2017 kembali digabung menjadi UPT. PK2M UHO.  Unit pelaksana teknis Pengembangan Kewirausahaan dan Karir Mahasiswa UHO sebelumnya tergabung dalam 2 (dua) divisi yakni Divisi Pengembangan Kewirausahaan dan Divisi Karir Mahasiswa dan Hubungan Alumni sesuai Keputusan Rektor Universitas Halu Oleo Nomor 1282/UN29/SK/KP/2017 tanggal 31 Juli 2017 selanjutnya Divisi berubah menjadi Kelompok Kerja (Pokja) Pengembangan Kewirausahaan dan Pusat Karir UHO (Career Center UHO) yang merupakan kelompok jabatan fungsional dalam struktur UPT Pengembangan Kewirausahaan dan Karir Mahasiswa (PK2M) UHO sesuai Keputusan Rektor Universitas Halu Oleo Nomor: 1704/UN29/SK/KP/2017 Tanggal 3 Oktober 2017.

Keberadaan UPT. PK2M UHO diharapkan  mampu berkontribusi secara sinergis dengan unit lain dalam mengelola tantangan penting yang dihadapi Bangsa Indonesia yaitu  ketersediaan sumber daya manusia yang berkualitas untuk meningkatkan keunggulan dan daya saing Bangsa Indonesia di dunia Internasional.

Visi

Berdasarkan Visi dan Misi Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) maka Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Kewirausahaan dan Karir Mahasiswa Universitas Halu Oleo (UPT PK2M UHO) memiliki visi sebagai berikut Menjadikan Mahasiswa Wirausaha yang Unggul dalam Kreatif dan Inovasi serta Menjadi Pusat Karir Perguruan Tinggi Terdepan untuk Membentuk SDM yang Cerdas Komprehensif dalam Pengembangan Wilayah Pesisir, Kelautan dan Perdesaan